Senin, 31 Maret 2008

8 Off Road di Dalam Kota

    LUAS Banjarmasin hanya lebih kurang 72 km2. Sebagian besar jalannya sempit dan pendek. Pada jam-jam tertentu, ada jalan yang susah dilewati karena terjadi kemacetan.
    Belum lagi macam-macam galian bermunculan. Ada galian untuk kabel, ada untuk pipa atau untuk saluran pembuangan. Kebijakan yang tidak sinergis antara kepentingan-kepentingan itu membuat kualitas jalan rendah.
    Aspal jalan menjadi tidak rata. Di sana-sini banyak tambalan sekenanya. Layanan SMS Hotline Banjarmasin Post selalu kebanjiran keluhan masyarakat tentang jalan berlubang dan tidak nyaman ini.
    Jika tak percaya, coba saja susuri Jalan Sultan Adam. Anda seraya ikut off road mini. Sekitar 500 meter jalan di sana berubah jadi kubangan air jika hujan. Sementara saat kemarau, debunya minta ampun deh. Padahal, sampai akhir tahun lalu, jalan itu masih terasa mulus.
    Demikian pula di jalan PM Noor. Sekarang memang sudah dihampar batu-batu untuk pengerasan. Sebelumnya, wah jangan ditanya, bagi yang berlangganan sakit kepala, ditanggung penyakit itu bakal kumat karena hentakan jalan yang rusak saat berkendara.
    Dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar, Banjarmasin masih belum bisa menyajikan kenyamanan bagi pengguna jalan. Kimprasko Banjarmasin merilis Selasa (19/2) lalu panjang jalan lingkungan yang rusak di Banjarmasin, mencapai 848 ribu meter. Belum termasuk jalan provinsi dan jalan nasional.
    Mau mencari jalan alternatif yang lebih mulus demi menghindari macet dan lubang pun susah. Coba saja selepas Maghrib melewati Jalan Gubernur Soebarjo atau kerab lebih dikenal dengan Lingkar Selatan.
    Alih-alih dapat kenikmatan berkendara, mungkin omelan bakal keluar terus dari mulut kita. Bayangkan, 100 meter selepas Jembatan Basirih, tak ada lagi jalan yang terlihat.
    Pandangan tertutup deretan truk pengangkut batu bara yang parkir di badan jalan menunggu giliran memuat ke stockpile di kawasan Banjar Raya. Mobil dan sepeda motor, sebaiknya balik kanan. Kecuali anda rela antre berjalan lambat meter demi meter diantara debu dan asap.
 



 

8 komentar:

:: Ex MP'ers :: mengatakan...

CAPE DEH...

ifan martino mengatakan...

sepeda aja..
seru lo sepedaan offroad
hehe

irvan charmanto mengatakan...

parah2..
btw sekecil itukah banjarmasin ? 72 km² sajah

royan naimi mengatakan...

iya...sempit...kotanya dikelilingi sungai, secara geografis sekitar 0,5 m dpl

royan naimi mengatakan...

hehe.sip tuh

royan naimi mengatakan...

yoi

bad _boy jr. mengatakan...

ulasan yg menarik...:)

royan naimi mengatakan...

makasih....

My Blog List

 

Coretan Royan Naimi Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates